Selasa 31 Jul 2012 12:42 WIB

Iran Harapkan Kestabilan Pulih di Suriah

Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.
Foto: Press TV
Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, dalam pembicaraan telepon dengan timpalannya dari Swedia, Carld Bildt, Senin (30/7) malam, menjelaskan pendirian Iran mengenai perkembangan di Suriah. Menlu Iran berharap kondisi keamanan di Suriah segera membaik dan kestabilan pulih lagi di sana.

Kepala Kantor Pusat Media dan Informasi di Kemenlu mengatakan, "Semua negara yang menjadi teman Suriah dan pendukung perdamaian serta kestabilan di wilayah ini akan menyediakan kondisi yang layak bagi penyelenggaraan dialog antara pemerintah dan oposisi. Tujuannya ialah mencari cara ke luar dari keadaan yang berlangsung di sana."

Bildt, dalam pembicaraan tersebut, juga menyampaikan keprihatinan serius atas kondisi yang memburuk di Suriah. Ia mengatakan dalam pembicaraan telepon dengan Salehi, "Seluruh negara di dunia harus berbuat sebaik mungkin guna mengakhiri kondisi saat ini di Suriah."

Menteri Luar Negeri Iran Ali-Akbar Salehi, Ahad (29/7), mengatakan Zionis menyerukan kekacauan yang berlanjut dan jatuhnya pemerintah sah di Suriah. Salehi mengeluarkan pernyataan tersebut dalam taklimat bersama dengan Menteri Luar Negeri Suriah Walid Al-Mouallem, yang sedang berkunjung, demikian laporan IRNA, yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa (31/7).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement