Rabu 01 Aug 2012 13:54 WIB

Pesawat Tanpa Awak AS Buat Muslim Pakistan Takut Tarawih

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi
Foto: gizmag.com
Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Serangan pesawat tak berawak yang dilancarkan AS membuat sebagian besar Muslim Pakistan merasa was-was ketika hendak melaksanakan tarawih. "Sangat disayangkan. Padahal saya telah berniat untuk tidak meninggalkan shalat tarawih," papar Rahat Dawar, warga Dattakhel, kota kecil di Waziristan Utara, seperti dikutip onislam.net, Rabu (1/8).

Selama lima tahun terakhir, kota Dattakhel telah menjadi salah satu target utama serangan pesawat tak berawak AS. Ironisnya, mayoritas serangan itu tidak berhasil mengenai target sasarannya. Sebaliknya, lebih banyak korban sipil berjatuhan, termasuk perempuan dan anak-anak.

"Kota ini menjadi sasaran karena merupakan lokasi pertemuan kelompok Taliban. Selama tujuh bulan terakhir,  lebih dari 300 orang tewas dalam 29 serangan tanpa awak," kata Dawar.

Data New American Foundation dan Human Rights Watch menyebutkan hampir 50 persen dari korban serangan pesawat tak berawak adalah wargha tak berdosa. Pakistan sendiri melancarkan aksi protes dengan serangan ini lantaran efektifitasnya diragukan. Para analis percaya, protes Pakistan itu hanyalah sandiwara. Sebenarnya, telah terjadi kesepakatan antara Islamabad dan Washington. 

Memasuki 10 hari kedua Ramadhan, telah terjadi dua serangan pesawat tak berawak. Warga Pakistan yang melihat serangan itu menjadi panik. "Siang dan malam, kami melihat pesawat hampir dua atau empat kali dalam sehari," kata Dawar.

Dawar mengungkap, ketika melaksanakan tarawih pertama suara bising dari pesawat membuatnya terganggu. "Setiap kali saya sujud, pesawat itu menembakan rudal. Spontan saya tidak khusyuk," kata Dawar.

sumber : onislam.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement