Ahad 05 Aug 2012 12:22 WIB

Ahli Rusia: Sanksi tak Bisa Hentikan Kemajuan Iran

Bendera Iran dan Serbia
Bendera Iran dan Serbia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Pengulas Rusia mengenai Masalah Timur Tengah Simon Bagdadsarova mengatakan sanksi takkan memiliki dampak apa pun atas tekad bangsa Iran untuk membuat kemajuan dan upaya Barat dalam masalah itu takkan berhasil.

Dalam wawancara dengan surat kabar Rusia "Kommersant" pada Sabtu (4/8), Bagdasarova mengatakan Iran memiliki pilihan untuk menghadapi sanksi minyak dan menekankan Teheran dapat menemukan pembeli baru buat minyaknya guna menetralkan pembatasan Barat atas penjualan minyaknya.

Ia menambahkan Iran dapat menemukan pembeli baru buat minyaknya di kalangan negara Afrika, atau meningkatkan ekspor minyaknya ke China serta India, yang menjadi pembeli utama minyak dari Iran, demikian laporan IRNA.

Pengulas Rusia tersebut menyatakan upaya AS untuk memaksa China dan India menghentikan atau mengurangi impor minyak dari Iran sejauh ini tak berhasil.

Bagdasarova mengatakan Iran telah mulai menjual minyak ke sejumlah negara di dekat Teluk dan dapat mengekspor minyaknya dengan menggunakan kapal kecil minyak ke tujuan itu.

sumber : Antara/IRNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement