Ahad 05 Aug 2012 20:42 WIB

Arab Minta Iran Datangi Konferensi OKI

Rep: Devi Anggraini Oktavika/ Red: Hafidz Muftisany
logo-OKI
logo-OKI

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Raja Arab Saudi Abdullah pada Sabtu (4/8) kemarin mengirim undangan kepada Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Ia meminta Presiden Iran itu hadir dalam Konferensi Islam darurat di Makkah pada 14-15 Agustus mendatang. Undangan tersebut disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Iran Muhammad al-Kilabi.

Arab Saudi telah meningkatkan persiapan untuk pertemuan tingkat tinggi itu, yang disebut Raja Abdullah sebagai pemerkuat persatuan dan solidaritas Islam. "Memperkuat persatuan dan solidaritas umat Islam adalah agenda utama KTT," kata direktur jenderal kantor Departemen Luar Negeri Muhammad bin Ahmad Thayib.Dilaporkan oleh Arab News, Muhammad mengatakan undangan telah dikirim ke para pemimpin 57 anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Ia mengatakan, para menteri luarnegeri dari negara anggota OKI akan bertemu pada 13 Agustus setelah rapat persiapan para pejabat senior.Konferensi tersebut, kata Thayib, digelar seiring meningkatnya tantangan politik yang menuntut tindakan kohesif dan solid dari dunia Islam.

"Kami telah melakukan segala pengaturan untuk membuat KTT ini sukses besar," kata diplomat Saudi itu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement