Senin 06 Aug 2012 10:07 WIB

Banjir Bandang Tewaskan 34 Orang di India

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Hazliansyah
   Bangunan yang hancur akibat banjir bandang di kabupaten Uttarkashi, Uttarakhand, India, Ahad (5/8) 2012.
Foto: AP Photo
Bangunan yang hancur akibat banjir bandang di kabupaten Uttarkashi, Uttarakhand, India, Ahad (5/8) 2012.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI -- Banjir bandang melanda negara bagian Uttarakhand, India bagian utara. Sedikitnya 34 orang tewas dan ratusan peziarah Hindu terdampar akibat bencana tersebut.

Menteri Penganggulangan Bencana India, Yasphal Arya Said, mengatakan sekitar 23 pekerja di lokasi pembangkit listrik hidroelektrik di Uttarakhand tewas setelah air menggulung fasilitas tersebut, Sabtu lalu. Selain itu, tiga pegawai juga tewas ketika air menyapu kantor pemadam kebakaran setempat.

"Mereka terseret banjir dari kantor pemadam kebakaran," kata Arya seperti dikutip AFP, Ahad (5/8).

Ia menjelaskan, banjir yang bermula dari hujan deras pada Jumat malam waktu setempat, merendam sekitar 80 desa di wilayah Uttarakhand. Laporan sementara, 90 rumah warga dan 50 bangunan lainnya rusak berat akibat banjir.

Lebih lanjut, sekitar 700 peziarah Hindu terdampar setelah banjir merendam ruas-ruas jalan dan fasilitas umum lainnya. Arya mengatakan, tim penyelamat telah dikerahkan untuk mengevakuasi para peziarah yang terjebak di berbagai tempat itu.

Uttarakhand adalah tempat ziarah yang populer di India. Ribuan orang tiap harinya datang dari seluruh penjuru India untuk mengunjungi situs-situs suci agama Hindu.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement