Kamis 09 Aug 2012 12:18 WIB

Manusia Pertama di Bulan, Neil Armstrong, Pulih dari Operasi Jantung

Neil Armstrong
Foto: Telegraph.co.uk
Neil Armstrong

REPUBLIKA.CO.ID, CINCINMATI - Mantan astronot Neil Armstrong yang merupakan manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pulih dari operasi jantung, menurut keterangan dari NASA, Rabu (8/8).

Armstrong yang akan berusia 82 tahun pada Minggu menjalani operasi pada Selasa untuk menghilangkan sumbatan di arteri jantungnya. NBC news mengutip istrinya Carol Armstrong mengatakan bahwa kondisi sang astronot baik.

Sebagai komandan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. Setelah menggunakan pesawat 'Eagle' ke bulan, Armstrong kemudian menuruni tangga menuju permukaan bulan yang berdebu dan mengatakan,

"Ini adalah langkah kecil seorang manusia namun merupakan lompatan besar bagi (peradaban) umat manusia."

Pemimpin NASA Charles Bolden menyebut Armstrong sebagai "pahlawan Amerika sejati" dan berharap agar dia segera kembali sehat. "Semangat kepemimpinan Neil akan membantunya mengatasi saat-saat berat ini dan seluruh keluarga besar NASA akan mendukung keluarga Armstrong dengan doa dan pikiran kami," kata Bolden dalam sebuah pernyataan.

Armstrong turut berjuang dengan pasukan Amerika Serikat dalam perang Korea dan merupakan pilot penguji di badan aeronautika Amerika Serikat yang kemudian berubah menjadi NASA. Setelah meninggalkan badan antariksa itu dia kemudian mengajar di Universitas Cincinnati di kampung halamannya Ohio tempat ia dan istrinya menetap.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement