Kamis 09 Aug 2012 13:54 WIB

JK Pimpin Tim PMI ke Rohingya Esok Pagi

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Hazliansyah
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (tengah).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) membuktikan janjinya mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada etnis Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Tidak tanggung-tanggung, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) yang akan memimpin tim PMI ke Rohingya.

"Besok (10/8) pagi akan berangkat, termasuk saya juga akan ke sana," kata Ketum PMI, Jusuf Kalla yang ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (9/8).

Jusuf Kalla menambahka, ia bersama tim PMI akan berangkat ke Rohingya pada Jumat (10/8) pagi. Jusuf Kalla akan berangkat bersama tim PMI yang berjumlah 10 orang. Namun ia tidak menjelaskan dengan detail bentuk bantuan yang akan dikirimkan kepada para pengungsi Muslim Rohingya.

"Timnya ada 10 orang," ucapnya singkat.

Sebelumnya, Jusuf Kalla pernah mengatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan secara langsung ke Rohingya setelah adanya kesepakatan dengan Palang Merah di negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN.

Selain itu, JK juga meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melakukan pendekatan diplomatis kepada pemerintah Myanmar melalui forum ASEAN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement