Sabtu 11 Aug 2012 03:11 WIB

JK Desak Presiden Myanmar Selesaikan Konflik Muslim Rakhine

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Karta Raharja Ucu
Jusuf Kalla
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, NAYPYIDAW -- Delegasi Indonesia berhasil memasuki Myanmar. Pada kesempatan itu, delegasi Indonesia yang dipimpin Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Muhammad Jusuf Kalla mendatangi Presiden Myanmar, U Thein Sein di Naypyidaw, Myanmar.

Kedatangan Kalla adalah sebagai delegasi Indonesia untuk menawarkan penyelesaian konflik yang terjadi di Negara Bagian Rakhine. Ikut dalam rombongan Jusuf Kalla yaitu mantan juru runding Perundingan Helsinski Hamid Awaluddin, Dubes RI untuk Myanmar Sabastian Sumarsono, dan Asisten Sekjen OKI Atta Abdul Mannan, serta Presiden Bulan Sabit Merah Qatar Mohamed Ghanim Al-Maadheed.

Presiden Sein menyatakan sangat menyesal adanya pemberitaan yang mengatakan terjadi konflik agama di negaranya. Menurut Sein, pertikaian antara etnis Buddha Arakan dan Rakhine adalah murni tindak kriminal biasa, yang berujung pada konflik komunal.

"Kita mengingatkan kepada Pemerintah Myanmar untuk segera menyelesaikan konflik komunal ini sebelum jelas menjadi konflik agama," kata Kalla melalui pesan elektroniknya kepada ROL, Jumat (10/8).

Kalla menyimpulkan, kesimpangsiuran pemberitaan tersebut bukanlah kesengajaan. Melainkan dampak dari tertutupnya Pemerintah Myanmar dalam melakukan klarifikasi pertikaian tersebut.

"Presiden Sein meminta kita untuk melihat langsung apa yang terjadi di Rakhine State," terang mantan Wakil Presiden RI ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement