Selasa 14 Aug 2012 05:09 WIB

Turki Bangun Pangkalan Militer Dekat Perbatasan Suriah, Ada Apa?

Jet tempur Turki (ilustrasi)
Foto: AP
Jet tempur Turki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Turki telah membangun sebuah pangkalan militer di Bandara Sazgin sepanjang perbatasan dengan Suriah, di saat militer negara Arab itu terlibat dalam pertempuran sengit dengan pemberontak.

Pangkalan itu dibangun di 180 kilometer utara kota terbesar Suriah, Aleppo, sementara upacara peresmiannya dilakukan di Provinsi Qazi Antep, Turki pada hari Ahad, surat kabar Milli Gazette melaporkan.

Selain instalasi pertahanan udara dan peralatan radar, sejumlah pesawat transportasi militer juga ditempatkan di pangkalan tersebut.

Bandara Sazgin adalah basis logistik yang digunakan untuk pengiriman pasukan, amunisi dan peralatan militer selama invasi Amerika Serikat ke Irak.

Turki dituduh memasok kelompok bersenjata Suriah untuk melawan pemerintah Presiden Bashar al-Assad dengan peralatan militer dan komunikasi.

Turki, bersama dengan Arab Saudi dan Qatar, juga telah membangun sebuah pangkalan rahasia di dekat perbatasan dengan Suriah untuk mengirim perlengkapan militer kepada kelompok pemberontak. 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement