Senin 20 Aug 2012 13:33 WIB

Kampanye Obama Dominasi Media Sosial

Mitt Romney-Obama
Foto: csmonitor.com
Mitt Romney-Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketika kampanye pemilu Presiden AS mulai memanas, kedua kandidat dan pendukungnya mulai bergerak terutama menjelang peperangan November.

Khusus di dunia maya dan Web, yang kini memimpin konsumsi media di Amerika Serikat, tim Presiden Obama membuat upaya lebih besar untuk menjangkau dan merangkul pemilih ketimbang kubu lawan, mantan Gubernur Massachusett, Mitt Romney. Temuan itu diungkap dalam studi terbaru proyek Excellence in Journalisme, Pew Research Center.

Hasil tanggapan dari luar, kedua kandidat pada umumnya memposting berita positif. Setiap kandidat melontarkan kebijakan dan prestasinya. Namun analisa juga menemukan postingan bernuansa negatif lebih besar dari kubu Romney. Sekitar sepertiga postingan Romney, fokus mengkritik Obama. Sementara Obama, hanya 14 persen pesan yang sengaja ditujukan menarget lawan.

Direktur Project for Excellence in Journalisme, Amy Mitchell, menyatakan Romney juga meningkatkan aktivitas di sosial media dan upaya online dalam beberapa hari terakhir. Namun langkah itu tak mengubah posisi kubu Obama yang telah melakukan kampanye online lebih luas.

"Kubu Romney berupaya mempersempit jarak teknologi dan mereka mungkin lebih memanfaatkan teknologi dengan hadirnya Paul Ryan," ujar Mitchell. "Namun butuh jalan cukup panjang bagi tim Romney untuk menyamai tingkat aktivitas kampanye Obama."

Berdasar analisa terkini Pew, siklus kampanye presiden AS keempat melibatkan berbagai media online, termasuk Facebook, YouTube, dan Twitter begitu pula kampanye lewat situs web dan sejumlah blog.

Secara keseluruhan, postingan Obama berjumlah dua kali lipat dalam hitungan share, dilihat, komentar dan isi dibanding dengan kubu Romney.

sumber : PC World
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement