Selasa 21 Aug 2012 03:06 WIB

Kepala Militer AS Mendadak Kunjungi Afghanistan

Martin Dempsey
Foto: AP
Martin Dempsey

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Ketua Gabungan Kepala Staf Amerika Serikat Jenderal Martin Dempsey melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan, demikian laporan media setempat, yang dilansir Xinhua, Senin (20/8). "Ketua Gabungan Kepala Staf AS Jenderal Martin Dempsey tiba di pangkalan udara Bagram di utara ibu kota Afghanistan Kabul pada Senin petang," kata laporan saluran TV lokal Tolo dalam buletin berita.

Dempsey akan bertemu dengan para pejabat militer NATO dan Afghanistan, termasuk komandan tentara Amerika Serikat dan NATO di daerah ini, Jenderal John R. Allen, untuk membahas apa yang disebut serangan "hijau-atas-biru" atau serangan orang dalam sebagai agenda teratas, menurut laporan tersebut.

Perjalanannya terjadi sehari setelah seorang pria mengenakan seragam Kepolisian Nasional Afghanistan melepaskan tembakan terhadap pasukan AS, menewaskan satu tentara AS yang ditugaskan pasukan koalisi di selatan Provinsi Kandahar.

Peristiwa itu adalah yang terbaru dalam rangkaian serangan orang dalam ketika tentara Afghanistan, polisi atau orang bersenjata berseragam membalikkan senjata mereka menyerang pasukan koalisi. Gerilyawan Taliban yang melawan pasukan Afghanistan dan NATO menyatakan mengaku bertanggung jawab secara teratur untuk serangan-serangan hijau-atas-biru itu.

Sampai sepanjang tahun ini terjadi 29 serangan seperti itu. Serangan itu meninggalkan sedikitnya 40 tentara AS dan NATO tewas di seluruh negeri yang dilanda pemberontakan itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement