Selasa 21 Aug 2012 06:03 WIB

Kritik Pemerintah di Facebook, Marinir AS Ditangkap

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Heri Ruslan
Facebook
Foto: Reuters/Michael Dalder
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat dilaporkan menahan seorang anggota marinir angkatan lautnya. Brandon Raub ditangkap setelah memposting sebuah kritikan terhadap pemerintah AS di jejaring sosial Facebook.

Menurut pengakuan sang ibu, Kathleen Thomas, Raub ditangkap oleh petugas dari FBI, Secret Service dan kepolisian Chestrfield County tempat ia tinggal. Saat ditanya mengapa anaknya ditangkap, seorang agen FBI, Sherry Grainger, menjawab, "Anak Anda telah membuat ancaman layaknya teroris."

Thomas mengatakan, pada saat penangkapan anaknya ditanya oleh para petugas alasan memposting kritikan tersebut. "Saya memiliki beberapa perbedaan pendapat dengan pemerintah dan ingin menceritakannya (pada orang lain)," kata Thomas menirukan jawaban Raub seperti dilansir PressTV, Senin (20/8).

Thomas menambahkan, anaknya ditangkap dengan tidak semestinya. "Tangannya diborgol, tidak dibacakan hak-haknya, dimasukkan ke mobil polisi lalu dibawa ke rumah sakit jiwa John Randolph di Hopewell, Virginia," tuturnya.

Atas penangkapan anaknya ini, Thomas mempertanyakan kebebasan berpendapat di AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement