Rabu 22 Aug 2012 06:17 WIB

Iran Ikut KTT Non-Blok, Israel Cemas

Bendera Iran
Bendera Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Perindustrian, Pertambangan dan Perdagangan Iran Mehdi Ghazanfari mengatakan, Israel khawatir tentang KTT Gerakan Non-Blok (GNB) mendatang di Tehran dan peran utama Republik Islam pada gerakan global.

"Zionis pada dasarnya khawatir tentang kepemimpinan Republik Islam dalam gerakan global, karena mereka sendiri bertindak melawan keadilan, dan untuk alasan ini mereka mengutuk dan mencoba melemahkan setiap gerakan menuntut keadilan di dunia," kata Ghazanfari, seperti dikutip Press TV, Selasa (21/8).

Menurutnya, salah satu tujuan dari KTT GNB adalah untuk menunjukkan bahwa Republik Islam adalah salah satu pembentuk kekuatan di kawasan dan dunia.

Pertemuan puncak ke-16 GNB akan diselenggarakan pada tanggal 26-31 Agustus di Tehran, dimana Republik Islam akan memegang kepresidenan bergilir gerakan itu selama tiga tahun.

Dirjen urusan internasional di Kantor Kepresidenan Iran dan juru bicara KTT GNB, Mohammad Reza Forqani mengatakan bahwa kepala 35 negara anggota GNB menyatakan akan menghadiri KTT Teheran.

Sekitar 100 negara sejauh ini mengumumkan bahwa mereka akan hadir dalam pertemuan tersebut, tambah Forqani.

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement