Jumat 24 Aug 2012 06:12 WIB

Kuba Tangkap Tokoh Oposisi

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Kepolisian Kuba menangkap Jose Daniel Ferrer pada Kamis waktu setempat. Ferre dikenal sebagai seorang penentang rezim komunis Kuba dan mantan tahanan politik.

Ferrer ditangkap di rumahnya pada pukul 6.00 waktu setempat. ''Dia ditangkap saat keluarganya masih tidur,'' kata Elizardo Sanchez, juru bicara Komisi Rekonsiliasi Nasional dan Hak Asasi Manusia. ''Polisi juga menyita peralatan kerja, dokumen dan harta lain miliknya.''

Ferrer tinggal di kota Palmarito, dekat Santiago de Cuba, sekitar 900 kilometer sebelah tenggara Havana.

Sanchez menyerukan aksi segera bagi pembebasan tokoh oposisi Kuba yang dihormati dan damai ini. Tokoh yang rumahnya telah digeledah sedikitnya sekali dalam beberapa bulan terakhir.

Ferrer (41) memimpin Uni Patriotik Kuba yang ilegal. Dia merupakan salah satu dari 75 pembangkang terkemuka yang ditahan pada 2003 dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Semua pembangkang itu dibebaskan pada 2011 setelah gereja Katolik menjadi mediator. Tetapi, sebagian besar setuju pindah ke Spanyol dengan keluarga mereka. Ferrer dan sekelompok kecil memilih tetap tinggal di Kuba.

Ferrer telah ditahan tiga kali tahun ini. Dia ditahan selama 27 hari pada April, 24 jam pada mei dan tiga hari awal bulan ini.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement