Sabtu 25 Aug 2012 06:31 WIB

Inilah Bocoran Pidato Mursi di KTT GNB Iran

Presiden Mesir Muhammad Mursi
Foto: Amr Abdallah Dalsh/Reuters
Presiden Mesir Muhammad Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Mesir, Muhammad Mursi akan hadir dan berpidato pada KTT GNB ke-16 di Teheran. Menurut diplomat Mesir, pidato Mursi  mengenai perdamaian permanen.

Deputi menteri luar negeri Mesir urusan kerjasama Islam dan GNB Jumat (24/8) menyebut KTT GNB di Teheran yang dihadiri  delegasi dari 120 negara dunia merupakan pertemuan terbesar kedua setelah sidang PBB.

Penyataan tersebut mengemuka di tengah gencarnya upaya AS dan Israel untuk menggembosi pertemuan penting itu.

"Fakta bahwa pertemuan berlangsung di satu negara yang melanggar begitu banyak kewajiban internasional dan mengancam negara-negara tetangga...mengirim sinyal sangat aneh berkaitan dengan dukungan bagi tata kelola internasional," kata jurubicara Kemenlu AS.

"Iran adalah tempat yang tidak cocok untuk pertemuan itu," tegas Victoria Nuland.

Gelombang penentangan lebih keras dilancarkan Tel Aviv. Perdana Menteri Israel,  Benyamin  Netanyahu menyebut rencana kunjungan Ban Ki-moon untuk menghadiri KTT GNB di  Iran sebagai  kesalahan besar.

"Ini merupakan pertemuan internasional yang digelar atas kesepakatan anggota GNB", kata Umar Ramadhan, seperti dilansir Farsnews Jumat (24/8).

"Presiden Mesir Muhammad Mursi akan berpidato mengenai perdamaian permanen dalam pemerintahan kolektif global" pada pembukaan KTT GNB ke-16 Kamis (30/8) mendatang," ujar dia.

Selain itu, Mursi juga akan menyerahkan kepemimpinan periodik GNB kepada Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad.

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement