Sabtu 25 Aug 2012 08:57 WIB

13 Tragedi Penembakan Paling Mematikan di AS

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Endah Hapsari
Aksi penembakan/ilustrasi
Aksi penembakan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Masih lekat dalam benak publik Amerika Serikat seorang pria bertopeng menembak membabi buta dalam premier film Batman di Colorado. Total 12 orang tewas dan 58 luka-luka dalam insiden yang terjadi pada 18 Juli lalu. 

 

Dua pekan berselang, kejadian serupa terjadi di Sikh Temple, Wisconsin. Enam orang tewas dalam penembakan yang dilakukan oleh simpatisan apharteid, Wade Michael Page. Dua hari terakhir, tragedi itu kembali terjadi di New York dan Chicago.

Bukan tahun ini saja, AS dilanda aksi-aksi kriminal brutal semacam itu.  Berikut kasus-kasus penembakan brutal mengerikan yang pernah terjadi di AS dalam satu dekade terakhir:

April 1999 - Dua anak sekolah melepaskan tembakan membabi buta di kelas. 12 siswa dan seorang guru tewas. Kedua pelaku lalu bunuh diri.

Juli 1999 - Seorang pria menembak mati 12 orang termasuk istri dan dua anaknya di kantor bursa efek di Atlanta. Pelaku lalu bunuh diri.

Oktober 2002 - Serangkaian kasus penembakan jarak jauh (snipper) di Washington DC, 10 orang tewas

Agustus 2003 - Seorang karyawan dipecat lalu menembak mati enam mantan rekan kerjanya di ChicagoMaret 2005 - Seorang pria menembak membabi buta di sebuah gereja di Brookfield, Wisconsin. Tujuh orang tewas.

Oktober 2006 - Seorang sopir truk menembak lima pelajar putri hingga tewas di sebuah sekolah di Nickel Mines, Pennsylvania. Pelaku kemudian bunuh diri.

April 2007 - Tragedi paling mematikan di AS pada tahun 2000-an. Pelajar bernama Seung-Hui Cho melepaskan tembakan membabi buta di Virginia. 32 orang tewas dan 15 luka-luka.

Desember 2007 - Pria usia 20 tahun mengamuk di sebuha supermarket di Omaha, Nebraska. Sembilan orang tewas dan lima luka-luka.

Februari 2008 - Seorang pria menyusup ke ruang kelas di Northern Illinois University lalu melepaskan tembakan membabi buta. Lima mahasiswa tewas dan 16 lainnya luka-luka.

Desember 2008 - Pria berkostum Santa Claus menyelinap dalam pesta Natal keluarga di Covina, California. Pelaku membunuh sembilan orang anggota keluarga tersebut sebelum menghabisi nyawanya sendiri.

Maret 2009 - Seorang karyawan yang baru dipecat melepaskan tembakan sambil mengendarai mobil di jalanan Alabama. 10 orang tewas.

April 2009 - Seorang pria menembak 13 orang hingga tewas di sebuah pusat perkantoran di Binghamton, New York.

November 2009 - Psikolog militer AS, Mayor Nidal Hasan menembak membabi buta di pangkalan militer di Fort Hood, Texas. 13 orang tewas dan 42 luka-luka.

 

sumber : the telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement