Kamis 30 Aug 2012 16:11 WIB

Khamenei Sebut DK PBB Diktator

Rep: Umi Lailatul/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.
Foto: AP
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Pemimpin tertinggi Republik Islam Iran, Ayatullah Ali Khamenei secara terang-terangan menyebut Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) seperti diktator. 

Hal tersebut disampaikannya dalam pidato pembukaan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non Blok di Teheran, Iran, Kamis, (30/8). 

"Dewan Keamanan PBB memiliki struktur irasional, tidak adil dan tidak demokratis sama sekali, dan ini terang-terangan wujud kediktatoran,’’ kata Khamenei kepada 120 negara peserta KTT Non Blok seperti dikutip dari Gulfnews, (30/8). 

Seperti diketahui, Iran sedang terlibat konflik dengan PBB seputar program nuklirnya. PBB melalui DK PBB menjatuhkan sanksi kepada Iran atas proyek pengayaan uraniumnya. 

Dalam konferensi tersebut turut hadir Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, yang menuai kritikan dari Israel dan Amerika Serikat.

KTT Kamis juga akan diwarnai oleh kunjungan bersejarah Presiden baru Mesir Mohammed Mursi ke Iran. Ini adalah pertama kalinya pemimpin Mesir mengunjungi Iran semenjak Revolusi Islam Iran pada 1979. 

KTT yang berlangsung dua hari ini memiliki dua agenda utama, yaitu mengurangi kekuasaan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dan dukungan untuk negara Palestina.

Juga akan berisi penentangan atas sanksi Barat kepada Iran dan sejumlah negara GNB seperti Kuba, Korea Utara, Suriah dan Zimbabwe, serta menggarisbawahi hak semua negara untuk mengembangkan energi nuklir untuk tujuan damai.

sumber : Gulf News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement