Kamis 30 Aug 2012 20:15 WIB

Condoleezza Rice: Obama Lemah!

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Chairul Akhmad
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice.
Foto: AP
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice.

REPUBLIKA.CO.ID, TAMPA – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice, mengecam kebijakan luar negeri Presiden AS Barack Obama.

Dia mengatakan politik luar negeri pemerintahan AS saat ini telah menyeret negaranya dalam keadaan bahaya. Tidak berhenti di situ, berpidato pada konvensi Partai Republik di Tampa, Florida Kamis (30/8), Rice mengatakan pemerintahan AS telah gagal.

Mantan anak buah George W Bush itu mendesak agar pemerintahan selanjutnya dapat menjaga kemampuan dan kedigdayaan AS dalam politik global.

''Kita tidak enggan untuk memimpin. Dan tidak bisa memimpin di belakang,'' kata Rice, seperti dikutip kantor berita Reuters, Kamis (30/8).

Menurut dia, masa kepresidenan Partai Republik lebih baik ketimbang saat ini yang dikuasai Partai Demokrat. Tolok ukur keberhasilan tersebut, ungkap dia, terletak pada penanganan persoalan dalam negeri yang menjadi modal untuk menguasai geopolitik.

Dalam pandangan Rice, peran AS dalam penanganan pemberontakan di Timur Tengah saat ini telah menunjukkan kelemahan politik di tingkat global. Keterpurukan ekonomi AS juga menjadi tolok ukur kegagalan Presiden Obama.

Rice juga mengkritik keras keterbelakangan AS dalam perdagangan internasional. ''Kita sudah jauh di belakang Cina. Dan tidak bergerak menuju kemandirian energi di bawah Demokrat,'' tandasnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement