Jumat 31 Aug 2012 10:13 WIB

WTO: Perdagangan Dunia di 2012 Melambat

World Trade Organization (WTO)
Foto: snus-news.blogspot.com
World Trade Organization (WTO)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Pascal Lamy, pada Kamis (30/8) menegaskan bahwa pertumbuhan perdagangan global melambat dan akan tetap di bawah empat persen tahun ini. Karena itu, pihaknya mendesak pemerintah-pemerintah melawan proteksionisme.

Dijelaskannya, pertumbuhan tahunan dalam perdagangan dunia telah mencapai rata-rata enam persen selama 15 tahun terakhir. "Tetapi tahun ini, kami akan berada di bawah empat persen," kata Lamy kepada Radio BFM Prancis dan dilansir AFP.

Dia menyalahkan perlambatan perdagangan ini pada perekonomian dunia yang lesu. Tetapi Lamy mengatakan, tambalan kasar seharusnya tidak menjadi alasan bagi para pemimpin politik untuk menyerah pada proteksionisme yang tidak masuk akal.

"Dunia telah melewati krisis ini tanpa tsunami proteksionis, tetapi ada tanda-tanda mengasyikkan bahwa WTO sedang mengawasi dengan ketat," kata Lamy.

Pada April, WTO memperingatkan bahwa pertumbuhan perdagangan dunia, yang melambat pada 2011 setelah rebound (berbalik naik) besar pada 2010, akan melemah lagi tahun ini dan tumbuh sebesar 5,6 persen pada 2013.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement