Sabtu 01 Sep 2012 08:16 WIB

Ini Dia Negara Tiga Serangkai Strategis

KTT Gerakan Non Blok, Teheran, Iran
Foto: dawn.com
KTT Gerakan Non Blok, Teheran, Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Lebanon, Adnan Mansour seraya mengingatkan bahwa Republik Islam Iran, Suriah dan Lebanon adalah tiga serangkai strategis di kawasan menandaskan, kerja sama Iran dan Lebanon untuk menyelesaikan krisis Suriah akan sangat berpengaruh dan konstruktif.

 

Adnan Mansour saat akan meninggalkan Iran diwawancarai IRNA dan menandaskan, partisipasi Iran, Lebanon dan Suriah dalam menyelesaikan krisis yang ada di Damaskus akan sangat berpengaruh dan ketiga negara sangat konsisten dengan hal ini.

 

Ia mengingatkan, KTT GNB ke 16 di Teheran merupakan kesempatan untuk membahas kendala yang mengancam perdamaian regional dan isu Suriah juga dibahas oleh negara anggota.

 

Menlu Lebanon menambahkan, negara anggota Gerakan Non Blok di KTT ke 16 Teheran juga menekankan pengokohan kerja sama ekonomi, budaya dan politik. Ia menilai keberhasilan Iran di tingkat regional dan internasional disebabkan ketidaktergantungan Tehran terhadap Barat dan Timur dan hal ini sangat penting sebagai kunci keberhasilan Iran di kancah global.

 

Ia pun menilai penyelenggaraan KTT GNB ke 16 sebagai kesuksesan lain Iran di kancah internasional.  Menlu Lebanon ini baru saja meninggalkan Teheran menuju Beirut setelah menghadiri KTT GNB ke 16 di Republik Islam Iran.

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement