Sabtu 01 Sep 2012 19:19 WIB

GNB Dukung Kemerdekaan Palestina

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Karta Raharja Ucu
Palestina
Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Gerakan Non-Blok (GNB) menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina. Sekitar 120 negara anggota GNB menyatakan, pendudukan Israel terhadap Palestina merupakan akar masalah dari krisis yang terjadi kawasan Timur Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam resolusi akhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) GNB ke-16 di Teheran, Iran. Pada penutupan KTT, Jumat (31/9) malam, seluruh negara anggota dengan suara bulat menyetujui resolusi yang mencakup sebelas pasal tersebut.

"Perumusan solusi untuk mengatasi krisis Timur Tengah harus mencakup upaya-upaya menghentikan pendudukan, mengembalikan hak-hak asasi rakyat Palestina terutama hak-hak mereka untuk menentukan nasib sendiri sebagai negara yang merdeka," demikian statemen resolusi tersebut seperti dilansri kantor berita IRNA, Sabtu (1/9).

Negara-negara anggota GNB juga mendesak Israel menyerahkan Yerusalem kepada Palestina. "Rakyat Palestina berhak mendirikan negara yang stabil dan merdeka dengan Yerusalem sebagai ibukota. Inilah satu-satunya cara untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan di kawasan (Timur Tengah)."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement