Ahad 02 Sep 2012 09:24 WIB

Akibat Parasit Serang Otaknya, Paus Memilih Mendamparkan Diri

Paus mati
Paus mati

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Sebanyak 22 paus pilot terdampar di sepanjang pantai Atlantik Florida, Amerika Serikat, Sabtu (1/9). Sebanyak 17 paus mati kendati ada upaya sepanjang hari untuk menyelamatkan paus bersirip pendek itu.

Carli Segelson dari Florida Fish and Wildlife Conservation Commission mengatakan peristiwa semacam itu seringkali diduga akibat pertumbuhan parasit yang mempengaruhi kerja otak paus tersebut. Serangan parasit terhadap otak mamalia laut itu telah mengganggu kemampuan mereka untuk tetap berada di jalur.

''Hewan laut itu biasanya berkeliaran di laut dalam. Tempat dimana mereka mengkonsumsi makanan yang meliputi cumi-cumi dan gurita,'' kata Segelson.

Segelson mengatakan paus pilot merupakan hewan yang sangat cerdas. Mereka adalah spesies yang biasa mendamparkan diri mereka di pantai di seluruh dunia.

Sementara, Allison Garret dari National Oceanic and Atmospheric Administration mengatakan pembedahan mungkin bisa membantu menjelaskan mengapa hewan mamalia laut itu mendamparkan diri ke pantai.

"Mereka adalah hewan yang sangat sosial," kata Garret. "Jika satu dari mereka sakit dan pergi lalu terdampar, paus lainnya akan bergabung bersamanya. Mereka tak mau pergi."

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement