Ahad 02 Sep 2012 21:17 WIB

Hamas Umumkan Perombakan Kabinet di Gaza

Ismail Haniyah
Ismail Haniyah

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA, PALESTINA - Kepala pemerintah Hamas di Gaza, Ismail Haniya, pada Ahad (2/9) mengumumkan perombakan kabinet, menunjuk tujuh menteri baru, termasuk menteri keuangan.

Haniya menyatakan perombakan itu alur umum setelah hampir enam tahun bekerja dengan beberapa menteri dan dalam rangka mencapai tujuan khas untuk saat ini. Perombakan itu disetujui rapat anggota parlemen Palestina, yang dikenal sebagai Dewan Legislatif Palestina.

Pertemuan dilaporkan hanya menyertakan anggota Hamas dari pemerintah, yang sebagian besar tak bertugas sejak kelompok itu menang besar dalam pemilihan umum pada 2006.

Dalam perombakan itu, mantan menteri ekonomi Hamas Ziad Zaza akan menjadi menteri keuangan serta berperan sebagai wakil perdana menteri dengan kekuasaan luas.

Menteri lain termasuk Mufiz Makhalalaty, yang akan mengambil alih kementerian kesehatan, Yusef Sobhy Aghreyz di departemen perumahan dan pekerjaan umum, dan Mazen Haniya pada kementerian kehakiman.

Ismail Radwan, pemimpin dan mantan juru bicara Hamas, akan menjadi menteri sumbangan keagamaan, Mohamed Jawad Farra menjadi menteri pemerintah daerah dan Abdul Aziz Tirshawi akan menjadi menteri pertanian.

Haniya menyatakan pengutamaan pemerintah baru itu ialah mengakhiri pengepungan dan meringankan masalah warga, khususnya yang berkaitan dengan listrik dan air.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement