Senin 03 Sep 2012 22:57 WIB

Malaysia Ajak Indonesia 'Bertamadun Nusantara'

Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Dr. Rais Yatim
Foto: wordpress
Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Dr. Rais Yatim

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dato' Seri Utama Rais Yatim, menyampaikan perlu adanya kesadaran tentang pentingnya Indonesia dan Malaysia mempunyai agenda tinggi dalam pencapaian "Tamadun Nusantara''.

''Dengan adanya tamadun (keadaan hidup bermasyarakat yang bertambah maju -red) tersebut, maka kita bisa meninggikan keberadaan budaya ataupun bahasa Indonesia dan Malaysia yang bisa digunakan secara luas,'' kata Rais Yatim saat menerima beberapa wartawan dari Indonesia di kantornya pada Senin. "Kita sebagai satu kumpulan harus memperkuat kerja sama di bidang budaya, bahasa, agama sehingga semua permasalahan dapat diatasi."

Rais Yatim mengakui masalah-masalah yang timbul antarkedua negara serumpun ini memang ada. Tapi, hal tersebut harus dilihat prespektifnya dan jangan malah dibesar-besarkan.

''Karena, kita pada dasarnya mempunyai kehidupan yang baik. Masalah konflik budaya tergantung dari interprestasinya dan juga jangan dianggap kecil,'' katanya. ''Kalaupun ada konflik, maka hal itu tetap menjadi hal yang penting untuk diselesaikan dan mengatasinya bersama-sama dengan baik."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement