Selasa 04 Sep 2012 16:54 WIB

Mahasiswa Afsel Boikot Universitas Israel

Rep: Umi Lailatul/ Red: Karta Raharja Ucu
Zionis Israel
Foto: presstv
Zionis Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANESBURG -- Mahasiswa University of the Witwatersrand, Johanesburg, Afrika Selatan (Afsel) menggelar aksi memboikot Israel, Selasa (3/9). Aksi ini digelar sebagai bentuk protes terhadap pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Aksi yang dilakukan para mahasiswa merupakan wujud simpati terhadap warga Palestina yang ditindas Israel. Perwakilan mahasiswa menyerukan penyelidikan segera terkait hubungan akademis, hubungan keuangan dan budaya dengan universitas Israel. Seperti dikutip Press TV, Selasa (4/9), langkah ini diinspirasi upaya memboikot akademik terhadap rezim apartheid di Afsel dahulu. Upaya tersebut sukses menekan rezim yang sewenang-wenang terhadap warga kulit hitam Afsel.

Adapun tujuan boikot mereka untuk mengisolasi Israel. Mereka memaksa Israel mengubah kebijakan diskriminatif terhadap Palestina.

Tahun lalu, upaya boikot serupa pernah dilakukan. Adalah Universitas Johannesburg, Afsel, yang menghentikan kerjasama akademik dengan Universitas Ben-Gurion, Israel.

sumber : Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement