Selasa 04 Sep 2012 21:30 WIB

UEA Bakal Bangun Pintu Gerbang Terbesar di Dunia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hafidz Muftisany
Rancangan gerbang terbesar di dunia
Foto: alarabiya
Rancangan gerbang terbesar di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI--Berbekal dana melimpah, Uni Emirat Arab (UAE) bakal menambah koleksi rekor dunia untuk kontruksi bangunan. Sebelumnya, Burj Kalifa tercatat menjadi bangunan perkantoran dan perumahan tertinggi di dunia. Kini, UAE akan membangun pintu gerbang terbesar di dunia.

Pintu gerbang ini kabarnya didedikasikan untuk Presiden UAE, Skheik Khalifa, sekaligus bagian dari proyek “The Khalifa in World Languages”  yang digagas Pusat Budaya dan Media Center Sultan bin Zayed. Proyek tersebut akan diluncurkan pada 2 Desember tahun ini atau bertepatan dengan hari nasional UAE.

Direktur Pusat Budaya dan Media Center Sultan bin Zayed, Habib Al-Syaegh mengatakan pintu gerbang itu merupakan simbol perdamaian dari presiden kepada bangsa-bangsa dan masyarakat di dunia. Karena itu, nama Sheikh Khalifa akan tertera pada pintu gerbang dalam 250 bahasa di dunia.

"Tak hanya nama, tetapi juga biografi singkat dari presiden dalam banyak bahasa akan ditampilkan pada laman gerbang tersebut," papar dia seperti dikutip alarabiya.net, Selasa (4/9).

Saat ini,  UAE merupakan negara pemegang 102 rekor Guinness World Records, termasuk pohon Natal terbesar dan kebab terbesar di dunia. UAE sendiri telah meminta Guinness World Records untuk membuka kantor perwakilan di negaranya tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement