Rabu 05 Sep 2012 10:17 WIB

Iran Benahi Gerakan Non-Blok

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.
Foto: Vahid Salemi/AP
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyatakan komitmennya untuk meningkatkan posisi dan partisipasi Gerakan Non-Blok (GNB) dalam perpolitikan global. Ia juga berencana membentuk struktur organisasi yang kuat dalam organisasi yang beranggotakan 120 negara itu.

Ahmadinejad didaulat memimpin GNB dalam konferensi tingkat tinggi di Teheran beberapa waktu yang lalu. Ia menggantikan posisi Presiden Mesir Muhammad Mursi yang menjabat sebagai Ketua GNB sebelumnya. Ahmadinejad akan memimpin GNB hingga tiga tahun ke depan.

"Salah satu misi kami adalah membentuk struktur sesuai keinginan para negara anggota," kata dia seperti kepada kantor berita IRIB, Selasa (4/9). Ia mengatakan, struktur tersebut penting artinya untuk meningkatkan partisipasi global demi menjaga perdamaian yang berkelanjutan. Tanpa struktur ini, GNB akan kesulitan untuk memerangi korupsi dan konflik yang diciptakan segelintir negara adikuasa.

"Di setiap konflik, setidaknya ada satu pihak yang bertikai dan bertarung demi kekuasaan dan hegemoni," tandasnya.Ia menambahkan, Iran berkomitmen untuk menjalin persahabatan demi perdamaian dengan seluruh negara di dunia, kecuali rezim Israel dan pemerintah Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement