Rabu 05 Sep 2012 13:28 WIB

Iran akan Kirim Kapal Perang ke Perairan AS

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani
Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran berencana mengepung wilayah Amerika Serikat (AS) dengan kehadiran pasukan militernya dalam beberapa tahun ke depan. Kapal-kapal perang Iran akan dikirimkan ke perairan internasional di lepas pantai AS. Panglima Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibullah Sayyari, mengatakan rencana itu merupakan balasan dari langkah serupa yang dilakukan AS terhadap Iran.

"Seperti yang dilakukan kekuatan arogan itu (AS) yang hadir di perbatasan perairan kami, kami juga akan hadir dengan kekuatan penuh di perbatasan perairan AS. Itu akan segera terjadi dalam beberapa tahun ke depan," kata dia seperti dilansir antiwar.com, Selasa (4/9).

Beberapa tahun terakhir, kapal-kapal perang AS telah berpatroli di lepas pantai Iran di Teluk Persia. Kehadiran militer AS di dekat wilayah perbatasan ini, dianggap sebagai suatu ancaman oleh Iran.

Januari tahun lalu, pemerintahan Obama mengirimkan sejumlah kapal induk militer di lepas pantai Iran dan menempatkan sistem anti-rudal di empat negara Arab yang berbatasan langsung dengan Iran.

Salah satu pangkalan militer AS terbesar di kawasan Arab terletak di Bahrain, kurang dari 160 mil dari perairan Iran. Pangkalan tersebut terdiri atas lebih dari 40 kapal perang dengan 30 ribu personel. Kapal-kapal tersebut berpartroli di Teluk Persia, Laut Merah, Laut Arab, dan di sekitar Selat Hormuz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement