Kamis 06 Sep 2012 05:50 WIB

Diplomasi Hillary Clinton Gagal Total di Cina, Mengapa?

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Rodham Clinton.
Foto: AP
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Rodham Clinton.

REPUBLIKA.CO.ID, Pembicaraan antara Menlu AS Hillary Clinton dan para pemimpin Cina gagal untuk mempersempit perbedaan mengenai bagaimana mengakhiri krisis di Suriah dan bagaimana untuk menyelesaikan sengketa teritorial di Laut Cina Selatan.

Clinton, yang bertemu dengan Presiden Hu Jintao, Menteri Luar Negeri Yang Jiechi dan para pejabat lainnya, ingin Cina menghentikan dukungan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan telah mendorong untuk bersikap lebih fleksibel dalam menurunkan ketegangan di Laut Cina Selatan.

Komentar dari Clinton dan Yang menunjukkan bahwa kedua negara tetap terpecah terkait berbagai isu, meskipun keduanya berkomitmen untuk bekerja sama di tengah perbedaan.

Clinton telah dijadwalkan bertemu dengan Wakil Presiden Xi Jinping, yang diperkirakan akan memimpin Cina akhir tahun ini, tapi itu dibatalkan oleh Beijing dengan alasan "penjadwalan tak terduga," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Victoria Nuland seperti dilansir IRIB.

Yang hanya mengatakan tidak boleh ada "spekulasi yang tidak perlu" tentang perubahan jadwal Clinton.

Clinton tiba di Cina dari Indonesia, dimana ia mendesak negara-negara Asia Tenggara untuk membentuk sebuah front bersatu dalam berurusan dengan Beijing menyangkut ketegangan di Laut Cina Selatan.

 

 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement