Jumat 07 Sep 2012 16:17 WIB

Halau Imigran, Israel Bangun Pagar Berduri di Sinai

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kawasan Sinai yang berbatasan dengan Israel
Foto: Reuters
Kawasan Sinai yang berbatasan dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel membangun pagar berduri sepanjang 260 kilometer di sepanjang wilayah perbatasan dengan Mesir di Sinai. Pagar yang dibangun untuk menangkal masuknya imigran ilegal itu ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Israel mengklaim sering bermasalah dengan kedatangan imigran ke wilayahnya. Beberapa tahun terakhir, sekitar 60 ribu imigran masuk ke Israel untuk mengungsi maupun mencari pekerjaan. 

"Kami bertekad untuk menghentikan gelombang masuknya para penyusup. Kami membangun pagar untuk merealisasikan tujuan itu," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu seperti dilansir Aljazeera, Jumat (7/9).

Sejumlah organisasi kemanusiaan di Israel menuntut pemerintah untuk memperlakukan para imigran tersebut sebagai pencari suaka. Menurut mereka, pada dasarnya negara Israel juga dibangun oleh orang-orang imigran.

Namun pemerintah Israel merespon negatif tuntutan tersebut dan berkomitmen untuk mengusir para imigran keluar dari Israel. "Kami juga akan meneruskan upaya kami dengan memulangkan para penyusup ke negara asal mereka," imbuh Netanyahu.

sumber : Al Jazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement