Sabtu 08 Sep 2012 08:16 WIB

Putin akan Bertemu Presiden Korsel dan Menlu AS

Vladimir Putin
Foto: Misha Japaridze/AP
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID,  VLADIVOSTOK -- Presiden Rusia Vladimir Putin Sabtu akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton di sela-sela KTT Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Vladivostok, Rusia.

Putin tiba di kota Timur Jauh Vladivostok untuk mengambil bagian dalam KTT APEC 2012 yang diselenggarakan pada 7-9 September pada Kamis, kata ajudan Putin, Yury Ushakov.

Pertemuan puncak bisnis mengumpulkan lebih dari 500 pengusaha terkemuka dari negara-negara Pesisir Pasifik. Bagian resmi KTT akan diselenggarakan pada 8-9 September.

Hampir semua anggota APEC akan diwakili pada tingkat atas, sedangkan Amerika Serikat akan diwakili oleh Menlu Hillary Clinton. Presiden Barack Obama tidak akan dapat hadir karena sedang melakukan kampanye pemilu di negaranya.

Ini adalah pertama kalinya Rusia, seorang anggota APEC sejak tahun 1998, menjadi tuan rumah KTT kelompok yang dibentuk pada tahun 1989 untuk mempromosikan kerja sama ekonomi di Rim Pasifik.

APEC terdiri dari 21 negara, termasuk Rusia, Amerika Serikat, Kanada, China dan Jepang.

Di antara prioritas yang Rusia telah pilih semasa kepresidenan APEC adalah liberalisasi perdagangan dan investasi, integrasi ekonomi regional, memperkuat ketahanan pangan, membentuk transportasi yang handal dan sistem logistik dan kerja sama dalam mencapai tujuan inovasi pertumbuhan.

Pada akhir KTT, para pemimpin APEC berencana untuk mengadopsi deklarasi bersama, dan Presiden Rusia akan memberikan konferensi pers.

Sejak Rusia dipilih sebagai ketua rotasi APEC pada 1 Januari, pihaknya telah menyelenggarakan lebih dari 100 kegiatan, termasuk konferensi tingkat menteri, persidangan komite dan kelompok kerja, seminar dan konferensi.

Lebih dari 50 prakarsa Rusia telah dilaksanakan atau sedang dilakukan. Indonesia akan menjabat sebagai ketua bergilir APEC pada tahun 2013 mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement