Selasa 11 Sep 2012 08:05 WIB

Astaghfirullah, Stasiun Televisi Inggris Nistakan Islam

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Hazliansyah
Logo Channel 4
Foto: dexigner.com
Logo Channel 4

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Stasiun televisi Inggris, Channel 4, memicu kontroversi dan kemarahan dari komunitas Muslim internasional.

Stasiun televisi tersebut menyiarkan sebuah film dokumenter yang dinilai melecehkan sejarah dan keyakinan Islam. Film dokumenter berjudul 'Islam: The Untold Story' itu bercerita tentang sejarah lahirnya Islam dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Sutradara Tom Holland mengklaim film besutannya itu berdasarkan pada sebuah bukti tertulis kontemporer. Dalam film tersebut, Holland mempertanyakan kapan Alquran ditulis. Ia juga menyebut Kota Makkah bukanlah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sebenarnya.

Saat ini Channel 4 telah menerima lebih dari seribu komplain atas film yang disiarkan pekan lalu itu. Ratusan komplain juga diterima regulator media Inggris, Ofcom.

Ofcom sendiri belum mengambil keputusan untuk melakukan investigasi terhadap film tersebut. "Kami akan melakukan penilaian. Jika kami menemukan adanya pelanggaran kode etik penyiaran maka kami akan melakukan investigasi. Namun, belum ada keputusan yang diambil terkait hal ini," demikian pernyataan Ofcom seperti dilansir Press TV, Selasa (11/9).

sumber : The Guardian / Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement