Selasa 11 Sep 2012 09:07 WIB

AS-Israel Aktif Bicarakan Nuklir Iran

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney
Foto: foxnews
Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Juru bicara gedung putih, Jar Carney menyatakan AS dan Israel telah terlibat dalam pembicaraan aktif mengenai program nuklir Iran dan masalah lain yang berkaitan dengan keamanan

Ia kembali menyampaikan posisi Presiden Obama bahwa semua pilihan dalam mengatasi polemik nuklir Iran sudah dibicarakan. Namun AS, imbuh Carney akan berkomitmen untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir meski Teheran berkali-kali membantahnya.

"Dan itu (serangan ke Iran) belum terjadi," kata Carney. "Masih ada waktu untuk terus melanjutkan upaya dua-sisi di sini, dorongan diplomatik yang dipadukan dengan tekanan kuat ini melalui sanksi hukuman dan cara lain yang telah mengucilkan dan menekan rezim di Teheran," ungkapnya seperti dilansir Xinhua di Gedung Putih Senin (10/9)

"Tapi kami juga telah menjelaskan bahwa penyelesaian dengan cara diplomatik tidak akan terus dipertahankan sesuai variabel yang berkembang," imbuhnya.

Sebelumnya di dalam satu wawancara dengan stasiun televisi Kanada yang ditayangkan Ahad larut malam (9/9), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, "Iran takkan berhenti kecuali negara itu melihat tekad jelas dari negara demokratis di dunia dan 'garis merah yang jelas'."

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement