Kamis 13 Sep 2012 07:55 WIB

Sekjen PBB Dukung Penuh Presiden Baru Somalia

Ban Ki Moon
Foto: Wahyu Putro/Antara
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon, mendukung Presiden baru Somalia Hassan Sheik Mohamud dan rakyat Somalia untuk mendukung negara baru yang damai.

Ban, sewaktu berada di Jenewa dalam kunjungan ke Swiss, mengeluarkan pernyataan tersebut dalam percakapan teleponnya dengan Presiden baru itu untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya Mohamud, kata Juru Bicara PBB Vannina Maestracci di New York.

"Sekretaris Jenderal menyatakan rakyat Somalia masih menghadapi tantangan sangat besar dan memastikan Presiden baru tersebut dan rakyat Somalia mengenai dukungan PBB dalam membangun negara baru yang damai," kata Maestracci sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu (12/9).

Mohamud dipilih sebagai Presiden Somalia, Senin (10/9), setelah dua babak pemungutan suara di Parlemen Baru Federal negeri itu di Ibu Kota Somalia, Mogadishu.

"Sekretaris Jenderal juga mengatakan ia berharap Presiden baru tersebut akan menghadiri Sidang Majelis Umum PBB mendatang, ketika ia berencana memimpin pertemuan dengan para pemimpin dukungan yang mendukung Somalia," kata juru bicara itu.

"Ia mengatakan ini akan jadi kesempatan penting bagi Presiden baru tersebut untuk menetapkan prioritas jangka pendek dan melancarkan kemitraan baru dengan masyarakat internasional."

Pertemuan baru itu Sidang Majelis Umum PBB dijadwalkan diluncurkan pada 18 September, dan debat umum tingkat tinggi tahunan Sidang Majelis Umum, yang memiliki 193 anggota, akan dimulai pada 25 September.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement