Kamis 13 Sep 2012 20:42 WIB

Obama Ogah Temui Netanyahu?

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani
Obama-Netanyahu
Foto: sanfranciscosentinel.com
Obama-Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Silang pendapat antara Amerika Serikat (AS) dan Israel soal Iran membuat hubungan kedua negara kian membeku. Presiden AS, Barack Obama, dikabarkan menolak pertemuan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu untuk menghadiri sebuah acara komedi di stasiun televisi.

Seperti dilansir laman Press TV, media Israel melaporkan, Obama menolak undangan Netanyahu demi menghadiri acara komedi David Letterman. Penolakan ini diduga karena Israel yang terus mendesak AS untuk bersikap lebih serius terkait program nuklir Iran. Padahal, Obama telah berkali-kali mengungkapkan penolakannya atas desakan itu.

Pada Selasa (11/9) lalu, Kedutaan Israel di Washington mengumumkan bahwa pemerintahan Obama telah menolak permintaan Netanyahu untuk menggelar pertemuan di sela Sidang Umum PBB di New York pada 18 September mendatang. Pihak Obama sendiri mengkonfirmasi bahwa pertemuan itu tidak akan digelar, karena alasan penjadwalan.

Konfirmasi tersebut kemudian diralat oleh Gedung Putih bahwa Israel tidak pernah mengajukan permintaan pertemuan dengan Obama. "Berbeda dengan laporan di media, tidak pernah ada permintaan dari Perdana Menteri Netanyahu untuk bertemu dengan Presiden Obama di Washington," demikian pernyataan resmi Gedung Putih.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement