Kamis 13 Sep 2012 21:42 WIB

Mahasiswa Iran Demo Film Anti-Islam

Rep: Umi Lailatul/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warga Mesir melakukan protes di luar Kedubes AS terkait film anti-Islam
Warga Mesir melakukan protes di luar Kedubes AS terkait film anti-Islam

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Ratusan mahasiswa Iran melakukan aksi demo di depan gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Swiss, di Teheran, Iran pada Kamis, (13/9). Mereka memprotes film anti-Islam ''Innocence of Muslims'' yang dibuat di Amerika Serikat (AS). 

Mengapa ratusan mahasiswa tersebut menggelar aksinya di kedubes Swiss? Alasannya adalah karena Swiss dinilai ikut mewakili kepentingan AS di Iran.

Dalam aksinya itu, mereka meneriakkan slogan-slogan anti-Amerika dan Israel. Selain itu, mereka juga menuntut hukuman sebesar-besarnya kepada pembuat dan direktur film tersebut. 

Para mahasiswa Iran mengecam AS dan negara sekutunya atas tindakan diam mereka terkait film itu. Mereka menuntut AS untuk segera meminta maaf kepada kaum muslim atas peluncuran film ini. 

Para mahasiswa juga menyerukan kepada seluruh negara muslim untuk segera memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan AS. Tak hanya itu, aksi tersebut juga sempat diwarnai pembakaran bendera AS di depan Kedubes Swiss. 

Seperti diketahui sebelumnya, film ''Innocence of Muslim'' menuai kecaman dan memicu aksi protes di negara Mesir dan Libya. Para demonstran menilai film yang diproduksi kaum Kristen Koptik itu telah menghina dan melecehkan Nabi Muhammad SAW

sumber : Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement