Ahad 16 Sep 2012 06:30 WIB

Gerilyawan PKK Tewaskan Empat Prajurit Turki

Sejumlah wilayah dengan keberadaan Suku Kurdi
Foto: Wikipedia
Sejumlah wilayah dengan keberadaan Suku Kurdi

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Empat prajurit Turki tewas dan lima lain cedera dalam serangan gerilyawan Kurdi terhadap konvoi militer mereka di dekat perbatasan dengan Iran dan Irak. Demikian kata pihak berwenang Turki pada Sabtu.

Kantor gubernur di wilayah tenggara, Hakkari, mengatakan militan kelompok terlarang Partai Buruh Kurdistan (PKK) menggunakan bom-bom yang dikendalikan dari jarak jauh. Mereka menyerang konvoi militer Turki di daerah Cukurca di provinsi tersebut.

Sejumlah pejabat Turki sehari sebelumnya mengatakan sebanyak 80 gerilyawan Kurdi tewas dalam ofensif besar-besaran pasukan Turki di dekat perbatasan dengan Iran dan Irak. Aksi besar-besaran digelar selama sepekan yang melibatkan serangan-serangan udara dan ribuan prajurit angkatan darat.

"Operasi anti-teror masih terus berlangsung di kawasan itu," kata kantor gubernur di Hakkari dalam sebuah pernyataannya.

Sejumlah jet tempur dan helikopter dikerahkan untuk menggempur kamp-kamp PKK di dua desa di lembah Kazan di Cukurca. Sebuah daerah di Provinsi Hakkari di perbatasan Irak. Wilayah dimana sekitar 250 gerilyawan diperkirakan bermarkas.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement