Ahad 16 Sep 2012 23:30 WIB

AS Niat Remajakan Instalasi Nuklirnya

Menurut laporan, misil balistik Minuteman III akan menalan biaya peremajaan hingga 7 miliar dolar AS.
Foto: (AFP/US Air Force/File, Joe Davila)
Menurut laporan, misil balistik Minuteman III akan menalan biaya peremajaan hingga 7 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat berencana akan melakukan modernisasi instalasi nuklirnya dengan biaya paling tinggi dalam sejarah, kendatipun militer secara keseluruhan menghadapi pengurangan anggaran, demikian dilansir surat kabar The Washington Post, Sabtu (15/9).

Surat kabar itu memberitakan tidak ada perkiraan biaya resmi bagi usaha peremajaan dan pemeliharaan 5.113 hululedak yang ada, untuk menggantikan sistem pengiriman yang lama dan merenovasi instalasi-instalasi nuklir yang sudah tua.

Tetapi satu studi Stimson Center, lembaga pemikir Washington, musim panas ini memperkirakan biaya yang diperlukan paling tidak 352 miliar dolar AS untuk sepuluh tahun ke depan, kata laporan itu.

Peremajaan hanya salah satu dari tujuh senjata yang berada di gudang, bom B-61, kemungkinan akan menelan biaya 10 miliar dolar untuk lima tahun, kata koran itu.

Diperlukan biaya sampai 110 juta dolar untuk membuat 12 kapal selam pengganti klas Ohio, tambah surat kabar itu, yang mengutip perkiraan Kantor Anggaran Kongres. Menurut laporan itu, rudal-rudal balistik Minuteman III kini sedang dilakukan peremajaan dengan dana tujuh miliar dolar.

Pada saat yang sama, satu armada pesawat tempur F-35 yang berkemampuan nuklir sedang dibuat untuk menggantikan pesawat yang ada dengan biaya 162 juta dolar untuk satu pesawat, kata Washington Post.

Modernisasi gedung-gedung dan laboratorium-laboratorium di mana peremajaan akan dilakukan diperkirakan akan menelan biaya paling tidak 88 miliar dolar untuk 10 tahun, kata laporan itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement