Senin 17 Sep 2012 12:52 WIB

Situasi tak Aman, Panasonic Tutup Pabriknya di Cina

Rep: Umi Lailatul / Red: Hazliansyah
Logo Panasonic
Logo Panasonic

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Demo anti Jepang terus bergulir di Cina. Akibat situasi tersebut, perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic memutuskan untuk menutup sementara pabriknya di Cina. Langkah tersebut diambil setelah para pengunjuk rasa anti Jepang menyerang dua pabrik Panasonic di Cina pada Ahad, (16/9) kemarin.

Juru Bicara Panasonic mengatakan pabriknya di Qingdao tutup hingga 18 September mendatang. Hingga kini, pihaknya akan terus memantau situasi Cina selama dua hari ke depan.

Hal yang sama juga tengah dilakukan perusahaan Jepang, Canon. Kantor berita Bloomberg pada Senin (17/9), melaporkan tiga pabrik Canon di Cina juga akan ditutup hingga 18 September mendatang.

Analis Pasar Cina, Shaun Rein mengatakan sengketa itu sudah mulai berdampak pada operasional perusahaan-perusahaan Jepang di Cina. ''Saya melihat perusahaan-perusahaan Jepang terkena dampak langsung akibat protes tersebut,'' kata Rein kepada BBC.

Seperti diketahui, aksi unjuk rasa anti Jepang terus bergulir di negeri tirai bambu itu. Aksi demo dipicu sengketa pulau-pulau di Laut Cina Timur antara Cina dan Jepang. Gelombang unjuk rasa ini semakin meningkat menyusul rencana Jepang untuk membeli dan menasionalisasikan pulau-pulau tersebut.

Puncak kekesalan para pendemo akhirnya terjadi pada Ahad (16/9). Mereka marah dan mengepung Kantor Kedutaan Besar Jepang di Beijing, Cina. Tak hanya itu, para pendemo juga melakukan vandalisme serta menyerang mobil milik warga Jepang.

Jepang dan Cina sebenarnya telah lama bersengketa atas kedaulatan pulau-pulau tersebut. Pasalnya, sekelompok pulau itu menyimpan potensi alam yang luar biasa, seperti minyak, mineral, dan perikanan.

sumber : Bloomberg/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement