Selasa 18 Sep 2012 07:50 WIB

Parlemen Inggris Dukung Kemerdekaan Palestina

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Palestina berkibar
Foto: goldenraindrop.wordpress.com
Bendera Palestina berkibar

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris semakin dekat untuk memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Lebih dari 60 anggota parlemen sepakat menandatangani mosi parlementer untuk mendukung pengakuan PBB terhadap negara Palestina.

Mosi ini ditandatangani oleh anggota parlemen setelah Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas memutuskan untuk meminta Sidang Umum PBB mengakui Palestina sebagai negara non-anggota sidang 24 September hingga 1 Oktober mendatang.

Mosi yang diajukan oleh Richard Burden ini telah didukung 61 anggota parlemen lain sejauh ini. Dukungan juga diberikan oleh mantan Menteri Luar Negeri Jack Straw dan sejumlah mantan menteri lainnya. Mosi juga telah mendapat dukungan dari tujuh partai politik yang duduk di parlemen yakni Partai Hijau, Konservatif, Buruh, Liberal Demokrat, Plaid Cymru, SDLP, dan SNP.

"Waktu demi waktu menteri-menteri Inggris menyatakan dukungannya secara teoritis atas solusi dua negara di Timur Tengah. Ketika Mahmud Abbas meminta pengakuan dari Dewan Keamanan PBB tahun lalu, kami memutuskan untuk abstain. Waktu itu, Menlu menyatakan pertimbangan berbeda akan diterapkan jika permintaan tersebut diajukan ke Sidang Umum. Karena itu, saya pikir, abstain bukanlah sebuah opsi dalam sidang akhir bulan ini," kata Richard Burden seperti dilansir Press TV, Senin (17/9).

sumber : Press TV
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement