Selasa 18 Sep 2012 09:06 WIB

Damaikan Suriah, Iran: Kita Harus Bersabar

Helikopter Suriah. Ilustrasi.
Foto: ABC News
Helikopter Suriah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Menteri Luar Negeri Iran Ali-Akbar Salehi, Senin malam (17/9), mengatakan sikap Iran tak pernah berubah mengenai masalah Suriah, yaitu mendukung penyelesaian dalam negeri bagi krisis itu dan menentang setiap campur tangan asing.

Salehi menekankan dalam satu taklimat di Ibu Kota Mesir, Kairo, setelah membahas masalah tersebut dengan timpalannya dari Mesir dan Turki bahwa krisis Suriah mesti diselesaikan dari dalam Suriah, cara yang ia sebut "penyelesaian Suriah-Suriah". Ia juga mengatakan, "Kita tak bisa berusaha menerapkan penyelesaian secara paksa atas Suriah."

Ia kembali mengatakan, "Kita pernah mengatakan Suriah harus menanggapi tuntutan rakyatnya, dan kita belum mengubah kebijakan kita mengenai ini."

"Kita harus bersabar untuk mencapai penyelesaian damai," kata Salehi sebagaimana dikutip Xinhua

Ia menggambarkan kelompok yang ikut dalam pertemuan itu sebagai memiliki "lebih banyak kesepakatan ketimbang perbedaan". "Saya merasa optimistis, dan koordinasi di antara negara peserta akan menyusun penyelesaian damai," katanya.

Pertemuan berikut komite kuartet itu akan diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, pada 25 September, di sisi pertemuan Sidang Majelis Umum PBB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement