Selasa 18 Sep 2012 22:45 WIB

India akan Tempatkan Satelit di Planet Mars, 2013

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah tiga tahun menempatkan satelit di bulan, kini India mengincar planet Mars. India berencana untuk meluncurkan satelit yang akan mengorbit Planet Mars pada November tahun depan.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, atau ISRO, mengatakan rencana peluncuran satelit itu akan bertepatan saat jarak Mars sedang dekat ke bumi.

"Tujuan dari penempatan satelit di orbit planet Mars adalah untuk mempelajari atmosfir planet Mars dan mendeteksi kemungkinan adanya kehidupan disana," ujar K. Radhakrishnan dari ISRO.

Proyek ini akan menandai langkah ambisius India untuk mengeksplorasi luar angkasa. Proyeknya ini menghabiskan sekitar Rp 90 miliar. Sebelumnya, India pernah menempatkan orbit di bulan, tepatnya tiga tahun lalu.

Amerika Serikat, Rusia, Eropa, Jepang dan Cina telah mengirimkan misi eksplorasi di planet Mars. Robot milik Amerika Serikat kini sedang berada di permukaan planet Mars, setelah mendarat di planet tersebut sebulan lalu.

Program luar angkasa yang dilakukan India merupakan bagian dari kebanggaan nasional, meski mendapat kecaman karena proyek mahal ini dilakukan di tengah pengentasan kemiskinan dan masalah gizi buruk pada anak-anak di India.

Pada 2009, satelit milik India yang mengintari bulan menemukan adanya air. Temuan ini meningkatkan kredibilitas India di antara negara-negara penjelajah luar angkasa.

Namun, India juga pernah mengalami kegagalan pada Desember 2010, saat sebuah satelit yang diluncurkan meledak dan jatuh ke Teluk Benggala setelah membelok dari jalur penerbangan yang seharusnya.

sumber : www.radioaustralia.net.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement