Ahad 23 Sep 2012 08:35 WIB

Yang Kaya Makin Kaya di AS

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Bill Gates
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jurang kesenjangan ekonomi di Amerika Serikat semakin melebar. Total kekayaan dari 400 konglomerat saja sudah sebanding dengan seperdelapan nilai ekonomi negeri adikuasa itu.

Hal ini terungkap dari laporan terbaru majalah ekonomi terkemuka Forbes. Menurut data yang dikumpulkan Forbes, total aset dari 400 orang terkaya di AS mencapai 1,7 triliun dolar AS. Jumlah ini meningkat sekitar 13 persen dari total aset tahun lalu.

Rata-rata kekayaan dari para konglomerat itu pun meningkat menjadi 4,2 miliar dolar AS. Angka ini meningkat sekitar 400 juta dolar AS dari rata-rata aset 400 orang terkaya AS tahun lalu.

Statistik ini juga merupakan sebuah rekor baru dalam dinamika ekonomi AS. Laporan tersebut menyebut bahwa California merupakan daerah yang paling banyak dihuni para konglomerat.

 

Di sisi lain, Forbes juga memaparkan bahwa 70 persen dari daftar 400 orang terkaya tersebut memulai kerajaan bisnisnya dari nol. Pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft, Bill Gates, kembali menduduki peringkat teratas Forbes dengan total aset senilai 66 miliar dolar AS. Ini adalah capaian Gates yang ke-19 kali berturut-turut di puncak daftar orang paling tajir Forbes.

sumber : Forbes/Press TV

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement