Ahad 23 Sep 2012 22:02 WIB

Jurang Orang Super Kaya di AS dengan yang Kaya Kian Melebar

Bendera AS
Bendera AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan rata-rata kekayaan dan aset 400 orang terkaya di Amerika Serikat (AS) bernilai sebanyak seperdelapan dari ekonomi AS.

Menurut laporan yang dirilis majalah Forbes, total kekayaan dari 400 orang super-kaya Amerika tumbuh 13 persen dibandingkan dengan tahun lalu dan mencapai triliun dolar AS.

Laporan ini juga menunjukkan kekayaan rata-rata orang pada daftar dari orang super kaya AS meningkat 400 juta dolar AS dibandingkan dengan tahun lalu, mencapai Rp 4,2 miliar, yang merupakan rekor baru.

Masih menurut majalah Forbes, sekitar 70 persen dari 400 orang pada daftar membentuk nasib mereka yang seolah-olah seperti sedang menghantui. Hal ini juga menunjukkan bahwa California memiliki jumlah tertinggi dari orang-orang kaya di negeri ini.

Bill Gates, pendiri Microsoft, mengambil tempat pertama pada daftar Forbes untuk tahun ke-19 berturut-turut, dengan kekayaan 66 miliar dolar AS.

Mayoritas orang-orang di daftar menjadi kaya tahun 2012. Michael Bloomberg, yang telah menjadi wali kota New York selama tiga term berturut-turut, semakin kaya tahun ini dan mengambil tempat ke-10 dalam daftar. George Soros, pemodal Liberal dan politikus, mengambil tempat 12 pada daftar.

Luisa Kroll, editor di majalah Forbes, mengatakan melebarnya jurang antara 'sangat kaya' dan 'hanya kaya' telah menyebabkan rekor baru kekayaan antara orang Amerika super-kaya. Ahli ekonomi percaya kesenjangan antara kelas-kelas sosial dalam masyarakat Amerika saat ini lebih besar ketimbang sebelumnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement