Kamis 27 Sep 2012 10:24 WIB

Mesir Serukan Dukungan untuk Palestina di PBB

Presiden Mesir, Muhamad Mursi.
Foto: Amr Abdallah Dalsh/Reuters
Presiden Mesir, Muhamad Mursi.

REPUBLIKA.CO.ID, PBB, NEW YORK - Mesir, Rabu (26/9), menyeru masyarakat internasional agar sepenuhnya mendukung upaya Palestina untuk memperoleh pengakuan di PBB dan mendesak diakhirinya segala bentuk pendudukan atas tanah Arab.

Presiden Mesir Mohammed Mursi mengeluarkan seruan itu ketika berpidato dalam Debat Umum di Sidang Majelis Umum PBB, acara satu pekan yang dimulai di Markas PBB, New York, AS, Selasa (25/9).

"Saya meyakinkan anda mengenai dukungan penuh Mesir bagi setiap upaya yang diputuskan untuk dijalani Palestina di PBB," katanya. "Saya menyeru anda semua, seperti anda telah mendukung semua resolusi bangsa Arab, untuk memberi dukungan anda bagi rakyat Palestina dalam upaya mereka untuk memperoleh kembali hak penuh dan sah sebagai satu bangsa yang berjuang meraih kemerdekaan dan mendirikan negara merdeka."

Presiden Palestina Mahmud Abbas, yang dijadwalkan berpidato di Sidang Majelis Umum PBB pada Kamis (27/9) waktu setempat, telah meminta delegasi Palestina untuk PBB agar memulai persiapan bagi rancangan resolusi.

Palestina memutuskan untuk menempuh pemungutan suara di PBB agar memperoleh status negara non-anggota di Sidang Majelis Umum, setelah proses perdamaian Timur Tengah tetap macet sejak Oktober 2010 akibat percekcokan mengenai masalah permukiman Yahudi.

Israel dan Amerika Serikat menentang upaya Palestina dan menuntut Palestina menyelesaikan konflik dengan Israel "melalui perundingan perdamaian langsung".

Palestina tahun lalu meraih keanggotaan di Organisasi Pendidikan, Sains dan Kebudayaan PBB (UNESCO), kendati ada penentangan kuat dari Amerika Serikat dan Israel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement