Kamis 27 Sep 2012 16:56 WIB

Saudi Buru Demonstran Qatif, Dua Orang Tewas

Warga menggelar demonstrasi di Qatif, Arab Saudi. (ilustrasi)
Foto: AP
Warga menggelar demonstrasi di Qatif, Arab Saudi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Dua orang ditembak mati dan dua lainnya terluka ketika pasukan keamanan Arab Saudi menyerbu satu rumah pada Rabu waktu setempat.

Pihak keamanan bermaksud menangkap seorang buronan di desa Awamiya di daerah bermasalah Qatif. Tempat dimana terjadi aksi protes minoritas Muslim Syiah.

Pihak berwenang sedang berusaha menangkap salah satu dari 23 orang yang dituding menimbulkan kerusuhan di Qatif. Kerusuhan yang menelan 15 korban tewas dalam bentrokan dan protes-protes sejak November.

"Dia dan teman-temannya menembaki pasukan keamanan. Dalam menghadapi situasi seperti itu, sebuah tindakan diperluka,'' kata kantor berita Saudi Press Agency mengutip juru bicara keamanan pemerintah. ''Tindakan itu mengakibatkan kematian pria yang dicari tersebut ... dan salah satu sahabatnya.''

Aksi penyergapan juga melukai dua orang dan menangkap tiga orang lainnya. Orang yang dicari itu diidentifikasi sebagai Khaled Hassan Abdulkarim al-Labad.

Para aktivis di desa Awamiya Qatif, satu titik panas untuk kerusuhan Syiah di Arab Saudi, mengatakan seorang pria tewas dalam mobil. Foto-foto yang didistribusikan menunjukkan luka di lehernya. Tetapi, foto itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement