Jumat 28 Sep 2012 10:12 WIB

Pabrik Kimia di Korsel Meledak, Empat Tewas

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Ledakan di Pabrik Kimia Korea Selatan
Foto: presstv
Ledakan di Pabrik Kimia Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, GUMI--Sebuah ledakan terjadi di pabrik kimia di Gumi, Propinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan (Korsel) pada Kamis, (27/9). Akibat ledakan tersebut empat orang dilaporkan tewas dan delapan orang lainnya terluka. Lokasi ledakan berada 200 km tenggara dari ibukota Korsel, Seoul.

AFP melaporkan ledakan tersebut terjadi ketika pekerja pabrik mencoba membongkar bahan kimia yakni asam klorida. ''Sebuah ledakan misterius terjadi ketika para pekerja mencoba menghubungkan selang ke truk tangki dengan bahan kimia,'' kata seorang pejabat pabrik seperti dikutip dari Press TV. Hingga kini, polisi masih menyelidiki penyebab pasti dari ledakan tersebut. Polisi memperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat.

Hal ini didasarkan karena sebagian besar korban mengalami luka serius. Sementara itu, kerugian akibat ledakan juga belum bisa diperkirakan. Saat ini, polisi telah mengeluarkan perintah evakuasi kepada pekerja parbrik serta warga yang tinggal di dekat lokasi kejadian. Polisi menambahkan emisi gas beracun sebagai imbas dari ledakan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan.

Seperti diketahui, Gumi dikenal sebagai pusat industri di Korsel. Pabrik-pabrik banyak berdiri di kota tersebut seperti pabrik pembuat televisi serta alat elektronik lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement