Jumat 28 Sep 2012 17:23 WIB

Israel Setop Pendanaan UNESCO

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Djibril Muhammad
PM Israel Benjamin Netanyahu
PM Israel Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel mengumumkan akan membekukan bantuan dana mereka kepada Badan Kebudayaan PBB (UNESCO). Keputusan ini menyusul keputusan UNESCO menerima Palestina sebagai negara anggota.

"Keputusan UNESCO merusak peluang tercapainya kesepakatan damai dengan Palestina. Israel juga akan menghentikan bantuan dana tahunan (pada UNESCO) sebesar dua juta dolar AS," demikian pernyataan resmi dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu seperti dilansir Alarabiya, Kamis (27/9).

Sekutu utama Israel, Amerika Serikat, juga dilaporkan melakukan hal yang sama. AS menghentikan bantuan dana senilai 22 persen dari total anggaran UNESCO.

Keputusan UNESCO itu diambil dalam voting yang digelar Senin lalu. Sehari setalah voting dilangsungkan, Israel mengumumkan akan mempercepat pembangunan dua ribu unit permukiman di Tepi Barat dan sekitar Yerusalem.

"Langkah seperti ini (mengakui Palestina) tidak mempromosikan perdamaian, tapi justru membuatnya semakin jauh," ujar Netanyahu mengomentari hasil voting UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement