Senin 01 Oct 2012 03:09 WIB

Bus Terbalik di India, 7 Orang Tewas

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Kecelakaan bus (ilustrasi)
Foto: Antara
Kecelakaan bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGAL BARAT -- Sebuah bus wisata terbalik di Bengal Barat, India Timur pada Ahad (30/9) pagi waktu setempat. Akibat insiden itu, tujuh orang dinyatakan tewas dan 50 orang lainnya terluka parah.

Kecelakaan itu terjadi tepatnya di Gurap, Distrik Hooghly, Bengal Barat, 80 km dari ibukota India, New Delhi. Kini, 50 korban terluka telah dilarikan ke Medical College Burdwan.

Sementara itu, menurut laporan Xinhua, jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah. Saluran televisi lokal melaporkan kecelakaan itu diduga karena sopir bus yang mengatuk saat mengemudi. Hingga kini, polisi masih menyelidiki secara pasti penyebab kejadian tersebut.

Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah terjadi di negara ini. Sebuah bus mengalami kecelakaan dan terjung ke jurang di Himachal Pradesh, India pada 10 September lalu. Peristiwa kecelakaan itu menewaskan 35 orang.

Kecelakaan memang sering terjadi di negara tersebut. Negara India sendiri memiliki rekor tertinggi kecelakaan di jalan di dunia. Berdasarkan data yang dikutip dari BBC, jumlah korban tewas akibat kecelakaan di India sebesar lebih dari 110 ribu orang tiap tahunnya. Penyebab utama kecelakaan, di antaranya karena jalan kurang terpelihara, kendaraan tua, serta para pengemudi sembrono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement