Senin 01 Oct 2012 11:32 WIB

Ahmadinejad: Barat Bikin Teluk tidak Aman

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Vahid Salemi/AP
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN  - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan kehadiran negara Barat secara tidak sah adalah penyebab utama ketidakamanan di wilayah Teluk. Presiden Ahmadinejad mengeluarkan pernyataan itu dalam wawancara dengan wartawan CNN Fareed Zakaria dalam program GPS, yang ditayangkan pada Ahad (30/9).

"Jika negara Barat ingin menegakkan keamanan di wilayah ini, tindakan pertama yang mesti mereka lakukan ialah keluar dari wilayah Timur Tengah," katanya.

Ketika ditanya mengenai pembicaraan Iran-G5+1, Presiden Ahmadinejad menyatakan Iran telah mengajukan tawarannya dan berharap langkah positif akan diambil mengenai itu.

"AS lebih penting daripada perunding lain dalam pembicaraan nuklir dan pengalaman memperlihatkan saat pemilihan umum, tak ada keputusan penting yang diambil di negara itu dan baru setelah pemilihan umum lah pengambilan keputusan jadi lebih stabil di negara itu," ia menambahkan.

Saat ditanya jika serangan dilancarkan terhadap Iran oleh rejim Zionis, apa yang reaksi Iran terhadap serangan itu, Presiden Iran tersebut menjawab Iran tak pernah mendorong perang, tapi jika serangan dilancarkan, Iran dapat sepenuhnya mempertahankan diri, demikian laporan IRNA .

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement